Makanan Ciri Khas Bulan Ramadhan

Makanan Ciri Khas Bulan Ramadhan Sangat Lezat dan Gurih

Makanan Ciri Khas Bulan Ramadhan – Ramadhan telah tiba, Ramadhan telah tiba. Wah, bulan yang penuh berkah ini tentunya sangat ditunggu-tunggu oleh seluruh umat Islam di Indonesia dan di seluruh dunia.

Bagi Anda yang sedang berpuasa di bulan Ramadhan, tentunya Anda juga perlu menyiapkan menu untuk berbuka puasa setiap hari, bukan? Aneka masakan khas Ramadhan langsung berdengung dan ingin dilahap saat berbuka puasa.

Menu buka puasa sangat luas. Dari Sabang hingga Merauke, masing-masing memiliki kuliner khas Ramadhan. Dikutip dari Indonesia travel, bukan sekadar jajanan pasar biasa, jajanan khas Ramadhan memiliki cita rasa yang khas dan bersifat musiman. Makanan lezat ini sulit ditemukan kecuali selama Ramadhan.

Inilah Makanan Ciri Khas Bulan Ramadhan

Berikut makanan ciri khas di bulan Ramadhan yang harus kamu coba yang tentunya sangat menyegarkan

Ketan Bintul

Makanan khas Ramadhan berikutnya berasal dari daerah Banten yaitu ketan. Konon, menu buka puasa sudah ada sejak abad ke-16. Bukan hanya ketan biasa, ketannya juga ditaburi serundeng. Serundeng adalah kelapa parut yang diolah dengan berbagai bumbu. Perpaduan ketan dan serundeng menghadirkan rasa gurih dan asin. Yang lebih unik lagi adalah ketan yang biasa disantap dengan kuah rebusan atau patty daging sapi.

Kolak

Menu Buka puasa Anda dengan sesuatu yang manis. Nah, selain iklan sirup, manisan buah-buahan juga menjadi sajian buka puasa sebagai tanda Ramadhan.

Di Indonesia, bahan minuman santan ini bermacam-macam. Namun yang pasti, hampir di seluruh Indonesia, pisang menjadi andalan dalam pembuatan manisan. Soalnya, tapioka dan manisan nangka juga bisa jadi variasi. Mmmm, enak disantap selagi panas!

Bubur Pacar China

Salah satu makanan khas Betawi, Bubur Pacar Cina adalah hidangan khas Ramadhan dan patut dicoba. Dibandingkan dengan bubur biasa, kuliner khas Betawi ini berbahan dasar tepung sagu. Cara pengolahannya juga sangat sederhana, biji henna cina direbus. Kemudian, campurkan ke dalam olahan santan, gula, garam dan daun pandan. Disajikan dengan tambahan es batu, rasa segar bubur henna China menjadi pelepas dahaga setelah seharian berpuasa.

TRENDING:  Mengenal Contoh Jenis Usaha Waralaba Sektor Ritel Indonesia

Mi Glossor

Sajian khas Ramadhan ini berbahan dasar mi, sehingga disebut sebagai mi kilap khas Bogor. Bukan hanya namanya saja yang unik, tekstur mi glossynya juga berbeda dengan mi biasa. Mi glosor terbuat dari tapioka atau aci. Karena itu, tekstur mienya halus dan mudah ditelan. Selanjutnya, Mi Glossor terbuat dari bahan-bahan alami. Karena warna kuning pada mie berasal dari pewarna alami yaitu kunyit. Pameran makanan Ramadhan ini juga unik. Tidak hanya digoreng dengan sayuran.

Es Buah

Masih khas muniman tentang Ramadhan. Baik di rumah, di pasar maupun di kantor desa, saat Ramadhan tiba, es buah selalu menjadi menu buka puasa yang paling digemari.

Irisan buah segar dengan sirup, susu, dan es serut membuat siapa saja ingin membuatnya. Mmmm, segar dan menggugah selera.

Gorengan Pasar

Nah, sajian ini sudah menjadi andalan banyak menu makanan takjil Indonesia. Selain harganya yang terjangkau, rasanya juga bervariasi. Anda bisa memilih sesuai selera.

Baca Juga: Twibbon Gratis Ramadhan 2022

Seiring dengan jajanan pasar lainnya seperti lontong dan lemper, gorengan ini berhasil menjadi salah satu menu buka puasa populer yang pasti akan ludes dalam waktu singkat. Mungkin Anda juga salah satu orang yang suka menyantap gorengan sebagai hidangan buka puasa favorit Anda.

Es Cendol

Siapa yang tidak kenal dengan menu ini? Secangkir es cendol dengan tepung beras, gula merah cair, santan dan es parut pasti sangat menyegarkan untuk melepas dahaga setelah seharian penuh lapar dan haus.

Cendol adalah nama populer di Jawa Barat. Di Jawa Tengah, menu ini lebih dikenal dengan es dawet. Selama Ramadhan, Anda pasti tidak akan kesulitan dengan penjual menu yang satu ini.

TRENDING:  30 Link Twibbon Ramadhan 2022 Berikut Cara Membuat dan Bagikan ke Media Sosial

Es Teller

Hampir mirip dengan es buah, es teler menonjolkan penggunaan irisan alpukat di dalamnya. Selain itu, di es teler biasanya Anda akan menemukan kelapa muda, nangka dan pemanis menggunakan sirup atau gula cair. sangat segar.

Kurma

Jika tidak peduli di mana Anda berada, itu hampir selalu ada. Buah dari Timur Tengah ini selalu menghiasi saat Ramadhan. Rasa manisnya membuat buah ini cocok untuk berbuka puasa. Padukan dengan segelas air putih untuk menyegarkan tubuh.

Es Blewah dan Es Timun Suri

Iya memang, kalau Ramadhan, saya suka banget sama yang es batu bawaannya. Beberapa es yang masih bisa ditemukan selama Ramadan, seperti es melon dan es timun suri.

Harum, dengan rasa manis dan segar dari buah ini, ini adalah pemecah menu yang sangat cepat. Apalagi jika dicampur dengan sirup manis. Wah, dahaga dan dahaga hilang seketika!

Kolang Kaling

Kolang kaling. Makanan yang berasal dari biji buah allen ini sudah dikenal dalam berbagai campuran makanan. Makanan ini dapat dengan mudah Anda temukan selama bulan Ramadhan.

Ternyata buah ini memiliki banyak manfaat selain kesegaran, seperti melancarkan sistem pencernaan dan anti aging!

Tentukan menu buka puasamu sekarang!

Inilah Makanan Ciri Khas Bulan Ramadhan khas Indonesia yang selalu tersedia selama bulan Ramadhan. Tentu saja, Anda sudah mencoba segalanya bukan? Tentang hari ini jika ingin berbuka, dengan siapa ingin berbuka?

Anda bisa melakukan ngabuburit sambil mencari takjil di pasar Ramadhan di daerah Anda. Selain menarik, Anda akan menemukan banyak hidangan lezat yang mungkin sudah lama tidak Anda cicipi!

Selamat Menyambut Ramadhan Ramadhan 1443 H, sobat tiket! Jangan lupa untuk selalu bersyukur dan bahagia!